2 Januari 2013

Tren netbook saat ini mungkin sudah mulai tergantikan dengan munculnya tablet dan ultrabook, akan tetapi bagi banyak orang netbook masih menjadi kebutuhan sehari-hari. Meskipun dengan spesifikasi yang cukup minim, harga yang lumayan terjangkau menjadi daya tarik "komputer mini" ini. Kali ini Teknonik akan membeberkan beberapa tips & trik untuk mengoptimalkan kinerja netbook Anda.

1. Kalau menggunakan Windows, ganti tema Anda menjadi Windows Classic. Tampilan yang lebih sederhana akan mengurangi beban netbook dan memperkecil penggunaan prosesor dan RAM sehingga bisa bekerja lebih cepat.
2. Perhatikan software yang Anda install. Pilihlah software-software yang ringan dijalankan di netbook Anda. Contohnya, gantilah software Photoshop dengan software photo-editing yang lebih ringan, misalnya Paint.NET atau GIMP, kecuali jika software tersebut memang sudah menjadi kebutuhan Anda / tidak ada substitusinya.
3. Uninstall software-software yang tidak digunakan. Apalagi software-software trial yang sudah habis masa percobaannya. 
4. Defrag harddisk netbook Anda. Tetapi jangan menggunakan Disk Defragmenter bawaan Windows yang akan men-defrag seluruh isi harddisk. Gunakan Defraggler yang akan men-defrag file yang harus di-defrag atau Smart Defrag 1.40 yang memiliki fungsi yang sama dengan Defraggler.
5. Matikan Bluetooth, Firewire, Wi-Fi, dsb apabila tidak digunakan untuk menghemat penggunaan baterai.
6. Gunakan anti-virus yang tidak terlalu memberatkan kinerja netbook Anda dan lakukan update secara berkala.
7. Bersihkan registry dengan Registry Cleaner.
8. Mengurangi tampilan antarmuka web browser, misalnya dengan mematikan item status atau favorite bar.
9. Atur power management netbook Anda. Hal ini dapat dilakukan di Control Panel, aturlah settingnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
10. Minimalisir multi-tasking. Usahakanlah untuk tidak menjalankan banyak program secara bersamaan, langsung tutup program setelah selesai digunakan.\
11. Gunakan mode fullscreen dan auto-hide taskbar untuk meningkatkan kenyamanan Anda. Pilihan ini opsional, sesuai dengan preferensi Anda masing-masing.
12. Jika memiliki dana lebih, pertimbangkanlah untuk meng-upgrade RAM bila memungkinkan.
13. Perhatikan batere netbook, gunakan batere minimal 6 cell agar tidak cepat habis dan tidak menghambat pekerjaan Anda. Jika batere Anda kurang dari 6 cell, coba pertimbangkanlah kemungkinan untuk meng-upgradenya.

Itulah dia 13 rahasia untuk mengoptimalkan kinerja netbook Anda, semoga bermanfaat. Jika Anda punya tips & trik lainnya, jangan ragu untuk share disini!

Sumber & Referensi:
  1. http://christinarwen.blogspot.com/2012/08/tips-optimalkan-kerja-netbook.html
  2. http://duckyduq.blogspot.com/2012/04/8-langkah-optimalkan-kerja-netbook.html
  3. http://distrubinfo.blogspot.com/2011/07/14-cara-ampuh-optimalkan-netbook.html

2 komentar: